DAPATKAH KITA TAHU TENTANG KUTIL KELAMIN

DAPATKAH KITA TAHU TENTANG KUTIL KELAMIN __ Jika anda merasa ada beberapa gejala berupa massa bergelombang di sekitar alat kelamin atau merasakan sakit menjengkelkan karena dengan bentuk seperti kembang kol. Atau bisa juga dikarenakan adanya pertumbuhan kecil di dekat anus Anda, maka berhati-hatilah! Bisa saja ini merupakan benjolan kutil kelamin.


Apa itu penyakit kutil kelamin? Kutil kelamin atau dikenal dengan nama kondiloma acuminate ini adalah jenis infeksi penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Karena kutil kelamin ini telah dikatakan sebagai penyakit menular seksual, maka setiap kali Anda melakukan hubungan seksual, baik itu genital, oral atau anal, maka beresiko positif dapat terkena penyakit ini.

Beberapa kutil kelamin muncul dengan gejala berupa benjolan kecil dan muncul satu persatu, sementara pertumbuhan kutil yang lain dapat datang secara berkelompok. Kutil juga dapat bertumbuh dalam bentuk berupa benjolan daging berwarna abu-abu. Pertumbuhan kutil ini biasanya terjadi pada area penis atau skrotum laki-laki jika penderitanya adalah laki-laki, namun jika penderitanya adalah wanita maka pertumbuhan kutil ini bisa terjadi di sekitar vulva, di dalam vagina, leher rahim, atau bahkan di dalam rahim. Penyakit ini juga bisa saja terjadi pada kaum pria atau perempuan. Sebagai penambahan, beberapa kutil bisa saja bertumbuh di mulut atau tenggorokan sebagai akibat dari penderita yang melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi. Hal pertama yang tentunya harus segera anda lakukan jika tahu sedang mengidap penyakit ini adalah memeriksakan diri untuk segera mendapatkan diagnosis bukan justru mengeluh atas keadaan yang sedang dihadapi.

Beberapa kutil ini menyakitkan. Dibutuhkan waktu yang lama sebelum Anda dapat mendeteksi bahwa sedang terinfeksi. HPV, virus penyebab kutil ini juga sangat mikroskopis sehingga sulit dideteksi apakah anda atau pasangan anda mengidap penyakit ini. Anda belum dapat benar-benar yakin sedang terkontaminasi setelah berhubungan seks dengan pasangan Anda. Kutil juga tidak berkembang hanya dalam waktu sesaat, kadang-kadang membutuhkan waktu hingga beberapa bulan bahkan bertahun-tahun.

Kutil kelamin terjadi pada pria dan wanita tanpa memperhitungkan usia. Bahkan, beberapa anak juga telah didiagnosis mengidap kutil kelamin, mungkin dikarenakan kontak manual atau langsung, selain dugaan paling besar kenapa seorang anak bisa terkena penyakit ini adalah akibat pelecehan seksual. Satu hal yang paling menyedihkan dari kondisi ini adalah, Anda mungkin dapat menghilangkan kutil, tapi belum tentu dengan virus yang menyebabkanya. Maka satu-satunya cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidak melakukan hubungan seks yang salah atau harus tahu betul mengenai riwayat penyakit pasangan seks anda.


DAPATKAH KITA TAHU TENTANG KUTIL KELAMIN